Tips Perawatan Lantai Vinyl SPC agar Tetap Awet

Lantai Vinyl SPC (Stone Plastic Composite) semakin populer sebagai pilihan lantai karena kombinasi keindahan, daya tahan, dan kemudahan perawatannya. Meskipun tahan lama, lantai Vinyl SPC tetap memerlukan perawatan yang tepat untuk memastikan keawetannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat lantai Vinyl SPC agar tetap awet dan tampak seperti baru.

1. Rutin Membersihkan Debu dan Kotoran

Membersihkan lantai dari debu dan kotoran adalah langkah pertama dan terpenting dalam perawatan lantai Vinyl SPC. Debu dan partikel kecil dapat menyebabkan goresan pada permukaan lantai jika dibiarkan terlalu lama. Gunakan sapu lembut atau vacuum cleaner dengan pengaturan khusus untuk lantai keras untuk membersihkan debu secara rutin. Lakukan pembersihan ini setidaknya dua kali seminggu, atau lebih sering jika diperlukan.

2. Menggunakan Pel Basah yang Tepat

Untuk membersihkan noda dan kotoran yang menempel, gunakan pel basah dengan kain pel yang lembut. Pastikan kain pel tidak terlalu basah karena kelembaban berlebih dapat meresap ke dalam lapisan lantai dan merusaknya. Sebaiknya, gunakan pel yang sudah diperas dengan baik sehingga hanya sedikit lembap. Gunakan juga air hangat dengan sedikit sabun pembersih lantai yang tidak mengandung bahan kimia keras.

3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Keras

Saat membersihkan lantai Vinyl SPC, hindari penggunaan bahan kimia keras seperti pemutih atau pembersih berbasis amonia. Bahan-bahan ini dapat merusak permukaan lantai dan menyebabkan perubahan warna. Gunakan pembersih yang dirancang khusus untuk lantai vinyl atau campuran air dengan sedikit cuka putih sebagai alternatif alami yang aman.

4. Gunakan Alas Pelindung pada Furnitur

Untuk mencegah goresan dan kerusakan akibat pergerakan furnitur, gunakan alas pelindung pada kaki-kaki furnitur. Pilih alas pelindung yang terbuat dari bahan lembut seperti felt atau karet. Jangan menyeret furnitur saat memindahkannya; angkat furnitur dan letakkan di tempat yang diinginkan untuk menghindari goresan.

5. Atasi Tumpahan Segera

Segera bersihkan tumpahan cairan atau makanan dari lantai untuk mencegah noda dan kerusakan pada permukaan lantai. Gunakan kain lap atau tisu untuk menyerap cairan, kemudian bersihkan area tersebut dengan kain lembap. Jangan biarkan tumpahan mengering di lantai karena bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Cek Juga: Flooring SPC

6. Menjaga Kelembapan Ruangan

Lantai Vinyl SPC tahan terhadap kelembapan, tetapi perubahan kelembapan yang drastis dapat mempengaruhi kondisi lantai. Usahakan menjaga kelembapan ruangan pada tingkat yang stabil dengan menggunakan dehumidifier atau humidifier jika diperlukan. Hal ini akan membantu mencegah lantai dari mengembang atau menyusut yang dapat merusak strukturnya.

7. Gunakan Keset di Pintu Masuk

Pasang keset di pintu masuk rumah untuk mengurangi jumlah debu dan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Keset ini akan membantu mengurangi beban pembersihan lantai dan mencegah goresan yang disebabkan oleh partikel-partikel kecil yang terbawa dari luar.

8. Perawatan Berkala dengan Produk Khusus

Ada beberapa produk perawatan khusus yang dirancang untuk lantai Vinyl SPC. Produk ini dapat membantu menjaga kilau dan keindahan lantai serta melindunginya dari kerusakan. Gunakan produk perawatan ini sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan untuk hasil yang optimal.

9. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung dapat menyebabkan lantai Vinyl SPC memudar seiring waktu. Gunakan tirai atau penutup jendela untuk melindungi lantai dari paparan sinar matahari berlebih. Anda juga bisa memindahkan furnitur atau karpet secara berkala untuk menghindari perbedaan warna yang disebabkan oleh sinar matahari.

10. Perhatikan Kelebihan Beban

Lantai Vinyl SPC dirancang untuk menahan beban, tetapi kelebihan beban dapat menyebabkan lantai melengkung atau rusak. Pastikan distribusi beban furnitur merata dan hindari menempatkan benda-benda yang sangat berat di satu area kecil.

Dengan mengikuti tips perawatan ini, lantai Vinyl SPC Anda akan tetap awet, indah, dan tahan lama. Perawatan yang baik tidak hanya akan memperpanjang umur lantai tetapi juga menjaga penampilan rumah Anda tetap menarik dan nyaman.

Baca Juga: Panel Dinding WPC

Tips Perawatan Lantai Vinyl SPC agar Tetap Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top